Saturday, May 18, 2019

Cara Menggunakan File Format DNG Sebagai Preset Lightroom

Assalamualaikum , selamat datang di blog ini.Kedepannya saya akan mencoba membuat berbagai konten seputar fotografi dan editing disini.Nah untuk mengawali nya , saya ingin sedikit membahas perihal File dengan Format DNG.Sebenarnya apa sih itu file DNG? Bagi kalian yang baru main-main dengan yang namanya foto pasti tidak asing dengana file JPEG kan , file DNG sama dalam konteks format foto.Terus yang membedakan apa?


Format DNG meruipakan format foto yang masih mentah ,dalam artian foto benar-benar real kondisi nyata belum  tercemar oleh proses editing ,kompresing .dan sing sing lainnya.Nah DNG sebenarnya boleh juga disebut RAW foto karena memang filenya memiliki karakteristik sama.Yang membedakan hanyalah DNG lebih merakyat ,dalam artian lebih kompatibel dengan perangkat apa saja.

Kemudian , yang kita bahas disini adalah bagaimana cara kita menggunakan file DNG sebagai Preset Lightroom.Perlu diketahui , file dengan format DNG ini mampu menyimpan pengaturan editing kita (mudahnya begitu) , dengan demikian File ini bisa digunakan sebagai preset.Tapi kita tidak akan membahas cara buat presetnya ya , kita hanya akan membahas penggunakan file DNG ini sebagai preset.



Nah , langsung saja.Download dulu file preset dengan format DNG yang kamu inginkan.Jika belum punya , saya ada contoh filenya berikut ini


Setelah selesai di download , silahkan langsung saja import ke Lightroom . Oh iya Lightroom yang kita bahas adalah Lightroom Mobile yaaa.Cara importnya bagaimana? Mudah saja, cara import sama saja seperti import foto biasa , karena kan DNG itu juga foto (Jadi ingat sesuatu, banyak orang tanya , kok filenya cuma gambar , maksud ente ? ya kan DNG itu gambar yang bisa save setting editing kita -,- )

Setelah selesai di import , kemudian tinggal kalian ikuti langkah penggunaan berikut ini :


Berkomentarlah dengan bijak.
EmoticonEmoticon