Tuesday, June 7, 2016

Mengenal Apa Itu ISO

JepJepret - ISO merupakan sebuah kata yang sering terucap di dunia fotografi.ISO merupakan salah satu unsur yang terdapat pada segitiga exposur.Apa itu segitiga exposure ? anda bisa memahamai dengan membaca artikel disini.



ISO secara garis besar merupakan ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO kita maka semakin sensitif sensor terhada cahaya.Seperti yang kita tau, biasanya akan terdapat angka di belakang tulisan ISO misalnya ISO 100, ISO 800 dan seterusnya. Nah angka itu merupakan tingkatan-tingkatan sensitifitas yang bisa kita setting pada sensor kamera.

Hal yang perlu di ingat disini adalah,semakain besar angka pada ISO maka akan semakin banyak kemungkinan noise yang akan dihasilkan (Apa itu Noise? baca disini).Noise tentunya sangat menggangu pada foto yang dihasikan.


Untuk anda yang suka dengan noise , masalah ini tidak begitu berarti tentunya.Tapi apabila anda mengharapkan hasil foto yang tajam (dalam kasus ini  foto yang tanpa noise) maka anda harus memperhatikan seberapa besar iso yang harus dipakai.


Berkomentarlah dengan bijak.
EmoticonEmoticon