Tuesday, June 7, 2016

Mengenal Apa Itu Shutter Speed

JepJepret - Kemarin saya sempat menulis arikel yang berjudul "Bermain Dengan Long Exposure".Artikel tersebut erat kaitannya dengan yang namanya Shutter Speed kan.Kali ini saya akan mencoba memberi gambaran agar lebih jelas tentang apa itu yang dimaksud dengan Shutter Speed.



Shutter speed adalah pengaturan pada kamera yang mengontrol lamanya waktu shutter terbuka, sehingga memungkinkan cahaya masuk melalui lensa ke sensor di dalam kamera. Shutter speed diukur dalam detik – atau dalam fraksi yang sangat kecil dari satu detik. Semakin besar penyebut, maka shutter speed mempunyai kecepatan yang lebih cepat (1/1000 jauh lebih cepat dari 1/30)

Shutter Speed juga merupakan salah satu komponen dari segitiga exposure.Dan tentunya pengaturan Shutter Speed dengan benar akan memberikan hasil foto yang istimewa.Shutter speed yang tersedia pada kamera biasanya merupakan kelipatan, antara lain: 1/500, 1/250, 1/125, 1/60, 1/30, 1/15, 1/8, dll. Beberapa kamera juga memberikan pilihan untuk shutter speed yang sangat lambat, yaitu dalam ukuran detik (misalnya 1 detik, 10 detik, 30 detik, dll). Pengaturan ini dapat digunakan dalam situasi cahaya yang sangat gelap.



Yang perlu anda ketahui , Semakin lama shutter terbuka, semakin berpotensi menghasilkan gambar yang kabur (blur). Kadang-kadang ini bisa menjadi efek yang diinginkan,misalkan saja pada Teknik Long Exposure yang di bahas kemarin.Tetapi sebagian besar kita menginginkan gambar yang tajam. Menggunakan tripod, atau meletakkan kamera pada benda yang stabil dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadi blur.

Silahkan anda bereksperimen untuk mengetahui dengan pasti bagaimana Shutter speed bekerja.Jika ada kesulitan langsung saja kirimkan komentar di blog ini ya.

Berkomentarlah dengan bijak.
EmoticonEmoticon